Desa Wisata Bonjeruk

Wisata sambil belajar dengan suasana desa nan asri


Desa Bonjeruk adalah salah satu desa di Kabupaten Lombok Tengah, yang saat ini bertransformasi menjadi sebuah desa wisata yang unik.

Desa wisata ini menawarkan keasrian alam desa, dengan kebun-kebun buah dan persawahan. Aktivitas bersepeda dan camping, adalah kegiatan yang sering dilakukan oleh traveller yang datang di Desa Bonjeruk. Namun, berbeda dengan desa-desa wisata lainnya, Desa Bonjeruk menawarkan pula kegiatan belajar di kelas-kelas alam, terutama kelas bahasa Inggris. Traveller bisa belajar di taman-taman bunga, atau di aula-aula terbuka yang tersedia di banyak titik di desa. Apabila mengambil kelas ini, traveller yang datang tidak hanya belajar bahasa Inggris di kelas, namun selama beraktivitas di Desa Bonjeruk, traveller akan dilayani oleh tim yang juga berbahasa inggris. Ssst... masyarakat sekitar desa juga sudah banyak yang fasih berbahasa Inggris, lho. Jadi, saat memetik buah di kebun, tidak jarang traveller akan disapa oleh petani kebun dalam bahasa Inggris. Unik, kan?

Selain menawarkan kelas bahasa Inggris, desa ini juga menawarkan kelas edukasi UKM, bagi traveller yang tertarik dengan dunia industri kecil. Ada banyak industri kecil di Desa Bonjeruk yang bisa menjadi contoh belajar, salah satunya adalah Ombak Food, industri makanan ringan yang dikelola oleh masyarakat Desa Bonjeruk. Seru, kan?

Desa Bonjeruk juga merupakan desa bersejarah, karena desa ini pernah menjadi pusat pemerintahan Hindia Belanda. Peninggalan bangunan-bangunan tua dengan arsitektur kuno eropa masih ada di desa ini. Salah satu bangunan peninggalan tersebut adalah gapura ke sebuah lahan, bertuliskan Bondjeroek den 10 Mei - 1933. Traveller yang tertarik akan sejarah dan budaya, mungkin bisa menelusuri lebih lanjut di desa ini. Ada beberapa tetua-tetua desa yang bisa menceritakan latar belakang sejarah desa ini.

Selain kegiatan-kegiatan itu, Desa Bonjeruk juga memiliki spot-spot menarik. Salah satunya adalah taman hutan bambu. Di taman yang dikelilingi oleh rumpun-rumpun bambu ini, traveller bisa duduk santai bercengkerama di bawah rimbunnya kebun bambu, sambil menyantap kuliner khas yang cuma ada di Desa Bonjeruk, yaitu ayam merangkat.

Ayam merangkat adalah kuliner khas Desa Bonjeruk, yang cuma bisa didapatkan di desa ini. Bentuknya adalah ayam kampung bakar yang disuir-suir, dan dibumbui dengan bumbu yang sederhana. Namun, meski bumbunya sederhana, rasanya sangat nikmat. Penyebabnya adalah, ayam yang dijadikan bahan baku ayam merangkat ini adalah ayam kampung yang sejak menetas sampai dipotong, selalu dilepasliarkan, sehingga ayam hanya memakan biji-bijian organik dari alam. Pure organic, rasanya jadi lebih enak dan sehat. Sangat berbeda dengan ayam kampung yang dipelihara di kandang. Traveller yang ingin mencoba sajian ini, harus datang ke Desa Bonjeruk, karena cuma ada di desa ini.

Nah, sekarang tertarik mau mencoba serunya belajar di alam, serta menikmati ayam merangkat di bawah rimbunan hutan bambu Desa Bonjeruk? Langsung saja hubungi kontak resminya.

Share this Post

Peta Lokasi

Image

Tipe Aktivitas

  • Adventure
  • Nature
  • Hike
  • Camping
  • Bike tracking
  • Kuliner
  • Budaya

Informasi Khusus

  • Tersedia alat camping dan sepeda di lokasi

Waktu Terbaik

  • Sepanjang tahun

Kontak Resmi

  • Pokdarwis Desa Bonjeruk Permai
  • 0817-368-020
  • lombokon.official@gmail.com

Destinasi Lainnya di Sekitar

All ()
Adventure ()
Air Terjun ()
Budaya ()
Desa Wisata ()
Gili ()
Kuliner ()
Museum ()
Nature ()
Pantai ()
Religi ()
Sunrise ()
Sunset ()
Surfing ()
Underwater ()